Minggu, 20 Juli 2008

FILSAFAT UMUM 2

1. Makna dari kata filsafat yang terdiri dari; Philos, Sophos, Philei, dan Sophia.
Menurut dari asal katanya pengertian " Filsafat" terdiri dari kata Filos(philos) yang artimya cinta (pecinta) atau dapat juga diartikan sebagai teman. Cinta artinya hasrat yang besar atau yang berkobar-kobar atau yang bersungguh-sungguh, dan dari kata solfiah atau dalam bahasa Yunani sophos yang mempunyai arti kearifan/ kebijaksanaan, atau dapat diperluas lagi kata sophos dapat diartikan sebagai pengetahuan, keterampilan, pengalaman praktis, intelegensi, hikmah, dan ada juga pendapat yang mengatakan bahwa sophos mempunyai arti suatu ilmu. Kebijaksanaan dalam hal ini dimaksudkan kepada seseorang yang sudah mengetahui hakekat segala sesuatu.dengan kata lain seorang yang bijaksana adalah seseorang yang bukan hanya sekedar tahu tetapi sudah memahami apa yang diketahuinya tersebut.
Selain itu kata Filsafat juga berasal dari 2 suku kata yang berbeda yaitu; Philein yang berarti mencintai dan sophia yang berarti kebijaksanaan. Pada awalnya kata sofia lebih sering diartikan sebagai kemahiran dan kecakapan dalam suatu pekerjaan, akan tetapi perkembangan selanjutnya makna dari kata kemahiran ini dikhususkan lagi untuk kecakapan di bidang syair dan musik, dan kemudian berkembang lagi pada jenis pengetahuan yang dapat mengantarkan manusia untuk mengetahui kebenaran murni. Hingga arti yang terakhir dari kata Sophia adalah hikmah dan kebijakan. Jadi seseorang dapat disebut Filusuf apabila seluruh ucapannya dan perilakunya mengandng makna dan ciri sebagai orang yang cinta terhadap kebijaksanaan, pengetahuan dan hikmah.
2. Adapun manfaat menurut saya dari belajar berfilsafat bagi kita sebagai mahasiswa adalah sebagai berikut:
Sesuai dengan pengertiannya, kita mempelajari filsafat agar supaya kita menjadi orang yang bisa mencintai kebijaksanaan, pengetahuan dan hikmah, dan kecintaan tersebut dapat kita lakukan dengan ucapan dan perilaku yang bermakna atas kecintaan tersebut. Selain itu sebagai mahasiswa dengan berfilsafat kita dapat berfikir secara cermat, dan teliti dalam mengambil keputusan sehingga kita bisa membiasakan diri untuk bersikap kritis, logis-rasional dan mengembangkan semangat toleransi dalam perbedaan pandangan( Pluralitas).



Tidak ada komentar: