Rabu, 09 Juli 2008

(SP) FILSAFAT UMUM

FILSAFAT UMUM
Filsafat adalah suatu pemikiran yang tertuang oleh seseorang yaitu merupakan pemikiran tentang sesuatu yang menarik, secara mendalam terhadap suatu peristiwa/ kejadian sampai pada hakikat sesuatu. Dalam hal ini saya akan mencoba mengupas tentang dua filosof yang masing-masing berfilsafat tentang sesuatu hal yang dari hasil berfilsafat tersebut sekarang lazim disebut dengan TEORI. Ada 2 teori yang akan saya bahas yaitu teori Sigmund Freud dan Teori Maslow.
1. Teori Sigmund Freud
Freud membagi mind ke dalam tiga aspek kesadaran yaitu, consciousness, preconsciousness, dan unconsciousness. Dari ketiga aspek kesadaran itu unconsciousness adalah yang paling diminan dan paling penting dalam menentukan perilaku manusia. Freud mengembangkan konsep struktur mind di atas dengan mengembangkan "mind apparatus" yaitu struktur kepribadian Freud, dan menjadi konstruknya yang terpenting, yaitu Id, Ego, dan superego.
* Id adalah struktur paling mendasar dari kepribadian, seluruhnya tidak disadari dan bekerja menurut prinsip kesenangan, dengan tujuan pemenuhan kepuasan yang segera.
* Ego adalah struktur kepribadian yang mengontrol kesadaran dan mengambil keputusan atas perilaku manusia.
* Superego mereflesikan nilai-nilai sosial dan menyadarkan individu atas tuntutan moral.
Ego selalu menghadapi ketegangan antara tuntutan Id dan superego.

Tanggapan mengenai teori yang diungkapkan oleh Sigmund Freud.............
Jadi kepribadian individu dapat kita prediksikan melalui tiga kategori yaitu id, ego, dan Superego seperti halnya yang diungkapkan oleh Freud Id merupakan kemampuan berfikir individu atau merupakan Instink individu dimana segala sesuatu yang kita lakukan tidak berdasrakan pemikiran terlebih dahulu tanpa memperhatikan sebab-akibat yang akan terjadi. Ego merupakan perasaan individu yang merupakan perkembangan dari Id. Sedangkan superego merupakan perkembanga lanjut dari perasaan berfikir manusia, dengan manusia memiliki superego maka kebudayaan manusiapun akan terbentuk. pemikiran Freud ini dilakukan dengan menganalogikan melalui gunung es. Di dalam Unsconscious tersimpan ingatan masa kecil, energi psikis dan instink.
Preconsciousness merupakan jembatan antara conscoius dan unconscious yang merupakan ingatan atau ide yang bisa diakses kapan saja.
2. Teori Maslow
Maslow mengungkapkan teorinya dengan sebutan Teori Hirarki Kebutuhan. Maslow menyusun lima jenis kebutuhan tersebut secara bertingkat karena beberapa kebutuhan akan tampak ketika kebutuhan tingkat bawahnya terpenuhi dan sebaliknya.Maslow mengelompokan kebutuhan hidup manusia berdasarkan dari tingkatan paling bawah dapat terbagi menjadi lima tingkatan yaitu:
1. Kebutuhan Fisiologis ( physiological needs)
2. Kebutuhan akan rasa aman dan kepastian ( safety and security needs)
3. Kebutuhan akan cinta dan hubungan antar manusia ( love and belonging needs)
4. Kebutuhan akan penghargaan dan pengakuan ( esteem needs)
5. Kebutuhan aktualisasi diri ( self actualization needs)
Tanggapan mengenai teori Maslow.................
Kenapa Maslow berteori seperti itu dan mengapa????......................
Keinginan Maslow yang merupakan seorang psikolog untuk mencoba menemukan jawaban yang sistematis atas pertanyaannya. Menurut Maslow kunci dari segala aktifitas manusia adalah keinginannya untuk memuaskan kebutuhan yang selalu muncul dan muncul. Dengan teori Maslow ini kita dapat mengetahui tingkat kebutuhan manusia yang mana yang merupakan bagian dari kebutuhan primer dan sekunder juga kebutuhan tersier individu. Dan pada kenyataannya kebutuhan yang paling mendasar itu adalah kebutuhan fisiologis, mempertahankan kehidupan merupakan tujuan dari hidup di dunia dan manusia tidak akan bisa bertahan hidup tanpa adanya oksigen, makanan dan minuman dan lain sebagainya. Sebagai contoh dapat kita lihat perilaku orang gila, banyak kita lihat di jalanan orang gila yang tidak berbusana sedang mencari-cari makanan di tempat sampah. Hal ini membuktikan kepada kita bahwasanya kebutuhan fisiologis merupakan kebutuhan primer manusia. Sedangkan kebutuhan-kebutuhan yang lain akan dapat dicari setelah kebutuhan primer terpenuhi.

Tidak ada komentar: